Persamaan Dasar Akuntansi (PDA)


PERSAMAAN DASAR AKUNTANSI  (PDA)

Pengertian PDA
PDA adalah suatu sistematika pencatatan yang menggambarkan suatu hubungan yang ada pada perusahaan yang meliputi Harta (Aset) dengan sumber dayanya. Konsep Dasar Akuntansi yaitu terjadinya hak atau kepemilikan di suatu pihak yang akan selalu disertai dengan kewajiban dipihak lain.


Bentuk PDA


ASSET=KEWAJIBAN+EKUITAS
Keterangan
ASSET = Harta
KEWAJIBAN = Hutang
EKUIITAS = Modal

Unsur-Unsur  PDA
v ASET
Aset adalah semua kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Baik berwujud maupun tak berwujud yang dapat dinilai dengan uang dan dapat digunakan dalam kegiatan oprasianal perusahaan.
Jenis Aset:
1)     Aset Lancar adalah semua Aset yang dapat dicairkan/diuangkan tidak lebih dari satu tahun.
·  Kas : uang tunai yang tersedia di dalam perusahaan/disimpan di bank yang dapat diambil setiap saat
·  Pitang Usaha: tagihan perusahaan kepada pihak lain (kreditur) kerena tidak melakukan treansaksi | penjialan secara kredit
·  Piutang Pendapatan: pendapatan yang telah menjadi hak tetapi belum diterima pembayarannya
·  Beban Dibayar Dimuka : beban yang dibayar dimuka, tetapi belum menjadi kewajiban pada periode yang bersangkutan
·  Perlengkapan : seluruh perlengkapan yang dipakai demi pelancaran usaha, yang sifatnya habis dipakai
·       Persediaan Barang Dagang : barang yang dibeli untuk dijual kembali.

2)    Aset Tetap adalah semua aset yang pemakaiannya lebih dari satu tahun.
Jenis-jenis Aset Tetap:
a.      Aset Tetap Berwujut adalah kekayaan yang digunakan untuk operasional perusahaan.
Yang termasuk Aset Tetap: TanahGedung,  MesinSerta Peralatan
b.  Aset Ttap tak Berwujud adalah hak istimewa yang dimiliki oleh perusahaan yang mempunyai nilai namun tidak berbentuk fisik
Yang termasuk Aset Tetap tak Berwujuk:
  Goodwill adalah nilai lebih yang dimiliki oleh suatu perusahaan karena keistimewaan tertentu.
     Hak Paten yaitu hak tunggal yang diberikan pemerintah kepada seseorang atas penemuan tertentu.
     Hak Cipta yaitu hak yang diberikan pemerintah kepada satu orang karena hasil karya seni atau karya tulis.
    Fanlhise adalah hak istimewa yang diterima oleh seseorang dari pihak lain untuk menjual produk tertentu.

v KEWAJIBAN
Kewajiban berhubuang dengan pihak lain karena adanya transaksi pembelian barang / jasa secara kredit.
Jenis-jenis Kewajiban:
1.      Kewajiban Jangka Pendek yaitu hutamg yang harus dilunasi dalam waktu kurang dari satu tahun.
Yang termassuk Kewajiban Jangka Pendek:
-       Hutang Usaha yaitu hutang yang muncul akibat adanya transaksi pembelian barang / jasa secara kredit.
-       Pendapatan Diterima Dimuka yaitu pendapatan yang belum menjadi hak tetapi uangnya sudah diterima.
-       Beban Yang Harus Dibayar yaitu hutag perusahaaan yang belum dibayar.

2.      Kewajiban Jangka Panjang yaitu hutang yang waktu pelunasannya lebih dari satu tahun.
Yang termasuk Kewajiban Jangka Panjang :
-       Hutanh Hipotik yaitu hutang jangka panjang dengan jaminan Aset Tetap
-       Hutang Obligasi yaitu hutang jangka panjang yang timbul karena perusahaan perusahan menjual  Surat Obligasi.

v EKUITAS adalah besarnya modal yang dimiliki oleh perusahaan.

Komentar

  1. ENOUGH IS ENOUGH FOR THE WISE.
    KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY IS THE ONLY WAY OUT FROM ANY FINANCIAL DIFFICULTIES (karinarolandloancompany@gmail.com )
    whatsapp....+1585 708-3478
    facebook.....elena karina roland
    instagram.....karina roland

    Greetings great mind, It will be my greatest pleasure saving Individuals and companies from extortion, I know not everyone will want to take it upon their self to reveal the bitter truth about online Lending because of insecurity, Time of doing it and all that. i”m AFIZAH NAZERI, an outstanding businesswoman who reside in TERENGGANU CITY OF MALAYSIA has taken it upon herself to share this article to whom it may concern so they can learn and educate their self from it . It's bad to the extend where you see testimonies online about getting a loan and it turn out to be fake. For real i have fallen for that tricks countless time to the extend i lost almost Rm14,000 in total all in the name of getting a loan to invest in a very lucrative business. After so many failed attempt of securing a loan, I and my Manager went online to do a thorough search and found this company KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY but before giving it a try we also went ahead to make sure they are real, check their reviews and also go their existencing and capability. We were so careful because we didn't want to lose any dime again and to our greatest expectation they deliver according to their review and grant us our desire loan amount of Rm80,000. A word to everyone out there when it comes to Online Lenders contact only KARINA ELENA ROLAND LOAN COMPANY via email: {karinarolandloancompany@gmail.com} or whatsapp +1585 708-3478, and consider all your financial problems tackled and solved.#SHARE, You can rescue someone from been victimized today, Thanks.
    country......Malaysia
    name.........Afizah Nazeri
    approved Amount.....Rm80,000
    bank.......BSN (Malaysia)
    email.......afizahnazeri@gmail.com

    BalasHapus
  2. Nama saya Asmaul Khusnuliyah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya yang sebenarnya di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya ditipu dan kehilangan Rp. 12,3 juta untuk seorang pria di Afrika. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, maka saya berdiskusi dengan teman saya Bu Mitu Maria yang kemudian memperkenalkan saya dengan Ibu Helen Wilson, Manajer Kantor Keuangan WEMA, sehingga teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Ibu Sarah. Maka saya menghubungi Bu Sarah melalui email: helenwilson719@gmail.com dan juga di WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp640 juta dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pengalihan pinjaman tersebut, Saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 jam, uang pinjaman saya dimasukkan ke rekening bank saya.

    Saya kira itu bercanda sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa rekening saya sudah dikreditkan Rp640 juta. Saya sangat senang akhirnya ALLAH menjawab doa-doa saya dan Dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Bu Helen yang telah memberi saya kehidupan yang adil, maka saya berpesan kepada siapapun yang berminat mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Bu HELEN WILSON via email: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (asmaulkhusnuliyah1@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum
    Nama saya Farliyana Albaid dari Kuala Lumpur, saya ingin berkongsi kesaksian hidup saya di sini di platform ini supaya semua pencari pinjaman akan berhati-hati tentang peminjam di internet

    Setelah beberapa lama cuba mendapatkan pinjaman dari institusi kewangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk memohon pinjaman dalam talian tetapi saya ditipu dan hilang RM6400 kepada seorang lelaki di Afrika. Saya menjadi sangat terdesak untuk mendapatkan pinjaman, jadi saya berbincang dengan kawan saya Encik Mohd Farid bin Ahmad yang kemudian memperkenalkan saya kepada Puan Helen Wilson. Jadi rakan saya meminta saya memproses pinjaman saya dengan Puan Helen. Jadi saya menghubungi Puan Helen melalui e-mel: helenwilson719@gmail.com dan juga pada WhatsApp: +1-585-326-2165

    Saya memohon pinjaman sebanyak RM120,000 dengan kadar faedah sebanyak 2%, tidak lama lagi pinjaman itu diluluskan dengan mudah tanpa tekanan dan semua persediaan dibuat untuk pemindahan kredit, kerana ia tidak memerlukan jaminan dan penjamin untuk pemindahan pinjaman, Saya diberitahu untuk mendapatkan sijil perjanjian lesen untuk memindahkan kredit saya dan dalam masa kurang dari 4 jam, wang pinjaman saya dimasukkan ke dalam akaun bank saya. Saya fikir ia adalah satu jenaka sehingga saya menerima panggilan dari bank saya bahawa akaun saya telah dikreditkan dengan RM120,000. Saya sangat gembira bahawa akhirnya ALLAH telah menjawab doa saya dan dia telah memberikan saya keinginan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati Puan Helen Wilson yang memberi saya kehidupan yang adil, jadi saya menasihatkan sesiapa yang berminat untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Helen melalui e-mel: (helenwilson719@gmail.com) dan WhatsApp: +1-585-326-2165 untuk pinjaman anda

    Akhirnya, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada anda kerana meluangkan masa untuk membaca kesaksian sebenar tentang hidup saya mengenai kejayaan saya dan saya berdoa kepada ALLAH untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup anda. Anda boleh menghubungi saya untuk mendapatkan maklumat lanjut melalui e-mel saya: (farliyanaalbaid@gmail.com)

    Semoga kedamaian, rahmat, dan rahmat Allah juga bersamamu..

    BalasHapus

Posting Komentar